Informasi Gratis

Selasa, 09 Desember 2008

Tips Installasi Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex

Dari pengalaman menginstall Linux Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex, ane telah belajar lumayan banyak. Dan mau sharing tips dalam installasi Ubuntu. Berikut tips2nya:

1. Kalau kamu download file .iso dan membakarnya (burning) ke CD sendiri, maka ane sarankan JANGAN pakai software Alcohol, pakailah Nero (software lain juga boleh, tapi ane cuma tau Alcohol dan Nero)

2. Setelah jadi CD, sebelum installasi selalu lakukan CD Integrity Check. Biar nggak mubadzir bila filenya corrupt.

3. Bila ingin menginstallnya bersama Windows, pastikan kamu menginstallnya di Hardisk yang berbeda. Bukan hanya sekedar partisi yang berbeda, tapi HARUS bener2 hardisk yang berbeda. Jadi kamu harus masang 2 hardisk dalam CPU kamu. Ini dikarenakan Linux akan memforkan SELURUH hardisk yang akan digunakan, bukan sekedar 1 partisi dalam sebuah hardisk.

4. Cara lain agar bisa menginstallnya bersama Windows adalah dengan menggunakan Wubi. Caranya adalah kamu jalankan Windows seperti biasa, trus masukkan CD Installer Ubuntu (installernya versi Desktop). Browse CD Installasi dan jalankan program wubi.exe di folder utama. Setelah muncul menu, pilihlah untuk menginstall Ubuntu di dalam Windows. Sebagai catatan, ane belum pernah melakukan ini karena kurangnya disk space (butuh ruang kosong sebesar 5 GB)

5. Selamat menggunakan Ubuntu :D

Tidak ada komentar: