Informasi Gratis

Selasa, 09 Desember 2008

Akhirnya - Proses Pindah Ke Linux

Beberapa pekan yang lalu, setelah lulus pendadaran, ane langsung berusaha pindah sistem ke Linux. Alasannya sederhana, ane nggak ingin tambah dosa karena memakai sesuatu yang seharusnya tidaka ane pakai. Yah, ane bukanlah orang suci yang tidak mempunyai dosa, atau sudah berubah menjadi orang yang suci, ane masih mempunyai banyak dosa dan mungkin tidak mampu saya hapus seluruhnya. Akan tetapi setiaknya ane sedang dalam proses untuk mengurangi laju penambahan dosa2 ane.

Dengan menggunakan Linux ane berharap ane bisa menggunakan sesuatu yang halal. Prinsip ane adalah untuk melakukan hal yang baik maka harus diawali pula dengan sesuatu yang baik pula. Linux itu gratis, oleh karena itu halal dipakai oleh siapapun.

Dalam proses pindah ke Linux ane memang belum sepenuhnya langsung pindah. Dalam artian ane sekarang install Linux bersama windows. Alasannya karena ane masih belum wisuda, jadi masih ada tanggungan untuk menyelesaikan revisi dan lain sebagainya. Selain itu ane juga masih dalam tahap penjajakan. Bukannya ane menemukan permasalahan yang berarti dalam penggunaan Linux, karena bagi ane migrasi ke Linux bukanlah masalah yang besar, dan ane juga langsung bisa menggunakannya. Hal ini dikarenakan Linux jamam sekarang sudah user friendly loh. Saat ini yang ane jajaki adalah kompabilitas file/data dan kebutuhan.

Bicara mengenai apa kebutuhan ane dan Linux, ane rasa Linux sudah lebih dari cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan ane. Saat ini yang ane butuhkan adalah "lingkungan" untuk menulis buku, memutar multimedia (film dan musik), kebutuhan untuk ngomik, dan ... apa lagi ya? sekiranya hanya itu dulu :D

Yang belum terpuaskan sementara ini adalah kemampuan untuk menscan gambar. Software untuk menscan, yaitu X-sane bawaan Linux tidak bisa mendetect scanner ane. Tapi ane kira belum tentu jadi masalah yang besar. Yang ane perlukan adalah googling driver untuk scanner ane. Moga2 aja bisa ketemu :D

1 komentar:

Chandra mengatakan...

Aku jg udah pindah ke Ubuntu Linux , nih. ..
Ubuntu emang joss. . , dulunya aku jg dualboot dengan windows, tapi stelah sktar 1 bulan aku putuskan untuk menghapus windowsnya, n pakai Ubuntu.