Informasi Gratis

Selasa, 09 Desember 2008

Gara-Gara Salah Mbakar CD

Ane memang sudah pindah ke Linux, akan tetapi proses menuju ke sana agak berat. Bukan karena Linux sulit, akan tetapi karena kesalahan sendiri. Cerita lengkapnya begini:

Setelah lulus ane langsung download Ubuntu Studio 7.10 Feisty Fawn dari server UGM. Alasannya karena distro Ubuntu Studio memang khusus untuk menangani multimedia. Jadi ane berharap kebutuhan ane mengenai grafik dan musik (hey, I'm a song writer, remember??) bisa terpenuhi.

Awalnya ane senang karena downloadnya sangat cepat sekali, yaitu mencapai 1 MBps. Setelah nginstall juga bagus. Tapi ane rada kecewa karena dukungan terhadap codec2 yang umum ada di windows sangat kurang. Bahkan untuk memutar mp3 aja tidak bisa. :( Selain itu versi 7.10 ternyata bukan distribusi yang paling baru. Itu udah usang. Oleh karena itu ane berniat menggantinya dengan versi 8.10. Dan karena berbagai pertimbangan, ane memutuskan untuk menggunakan distro Ubuntu 8.10 yang original (versi Ubuntu Desktop, bukan Ubuntu Studio).

Kemudian ane download Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex yang kemudian ane burn menggunakan Alcohol. Tapi ternyata ketika di run ada masalah. Ane heran, apakah ada masalah ketika ngeburn ataukan file .iso-nya yang rusak?? Untuk memastikan dengan biaya yang paling murah maka ane coba test file .iso-nya dengan MS Virtual PC. Dan ternyata memang Error. Akhirnya ane putuskan untuk mendownload ulang filenya dan langsung mengetesnya di warnet kampus.

Betapa mengecewakan, setelah ane download berbagai versi dari installasi Ubuntu (Ubuntu dan Kubuntu, baik versi 8.10 maupun 8.04, baik desktop maupun alternate) ternyata semuanya tidak lolos dari uji coba melalui MS Virtual PC. Akhirnya ane nyerah dan memutuskan untuk tetap memakai Ubuntu 7.10. Ketika itu ane baru mengetahui ternyata ane bisa memesan CD Ubuntu agar dikirimkan ke rumah ane secara GRATIS!! Kekurangannya adalah CD itu akan sampai antara 4 - 6 pekan, jadi lama banget. Tapi ane tetap memutuskan untuk bertahan dulu di Ubuntu 7.10 dan baru mengupgrade ketika CD Gratisnya sampai.

Akan tetapi kemudian ane mengetahui bahwa kevalidan file .iso bisa di cek lewat MD5 sum. Dan betapa mengejutkan ketika ane mengetahui bahwa file .iso yang ane download ini tidak ada masalah bila di cek lewat MD5 Sum. Kemudian ane berfikir, jangan-jangan yang rusak bukan filenya, akan tetapi MS Virtual PC memang tidak kompatibel untuk menjalankan CD Ubuntu. Akhirnya ane nekad burn Ubuntu 8.10 versi installasi Desktop ke CD lalu melakukan CD cek. Akan tetapi kali ini ane burn nya menggunakan Nero Burning Room. Dan betapa terkejutnya ane setelah mengetahui bahwa ternyata tidak ada masalah dalam cek integritas CD. Akhirnya ane tadi malam menginstall Ubuntu versi 8.10 code name Intrepid Ibex dalam sistem ane.

Alhamdulillah ...

Tidak ada komentar: