Informasi Gratis

Selasa, 09 Desember 2008

Installasi Program Di Ubuntu Linux

Bagi kalian yang mempunyai koneksi internet installasi program-program di Linux sangatlah mudah. Cukup jalankan add/remove program atau synaptic manager kemudian pilih software yang akan di install kemudian Linux akan secara otomatis mendownload program2 dan dependensi yang dibutuhkan. Daftar sotware yang bisa di install buanyak buanget lho.

Bagi kalian yang nggak punya koneksi internet tetapi mempunyai akses ke tempat download yang cepat, yah, misalnya nebeng tetangga atau temen gitu :D, dan mempunyai jatah bandwidth gede plus DVD RW, maka kalian bisa downlaod DVD reprositories yang berisi koleksi software2 Linux yang lengkap. Trus tinggal install pake synaptic manager, dan semua akan dijalankan secara otomatis.

Nah, yang agak repot adalah kalau kalian nggak punya dua hal diatas, maka kalian harus nyari sendiri software di internet, mendownloadnya, dan kemudian menginstallnya. Kenapa repot??? Karena installasi software di Linux agak berbeda dengan di Windows. Kalau di windows menginstall software tinggal jalanin aja file .exe nya maka tinggal ikuti instruksi dan semuanya selesai. Tapi kalau di Linux, khususnya Ubuntu, untuk menginstall software kalian harus menjalankan file .deb (kalau yang berbasis Debian .deb tetapi ada juga yang lain yaitu .rpm untuk Linux yang berbasis, kalau nggak salah, Red Hat. Ubuntu kebetulan berbasis Debian). Tetapi tidak semudah itu, file2 dependensi, bila belum terinstall harus di Install dulu. Misalnya begini, andai saja kamu ingin menginstall program namanya CoolBejo (busyet, narsis banget yah!!). Trus kamu cari di reprository Ubuntu, dan ternyata ada 3 file yang harus di download:

CoolBejo.deb
LibBejo.deb
CoreBejo.deb

Nah, installasi CoolBejo tentu saja dilakukan dengan cara men-double click file CoolBejo.deb. Akan tetapi karena CoolBejo.deb mempunyai dependensi CoreBejo.deb, maka CoolBejo.deb tidak bisa di install. Kamu harus nginstall CoreBejo.deb. Dant ternyata CoreBejo tidak mempunyai dependensi LibBejo.deb maka ... yah, tentu saat ini kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan bukan??

Kesimpulannya adalah ketika kamu ingin menginstall CoolBejo, maka urutan installasi adalah:

LibBejo.deb
CoreBejo.deb
CoolBejo.deb

Itu hanya sekedar illustrasi dengan dimana 1 software mempunyai 3 file yang harus di download. Tetapi kenyataannya tidak semua file hanya mempunyai 3 file, ada yang sampai belasan, walau ada juga yang cuma 1 sih :D.

Tapi perlu diingat bahwa dependensi tidak harus mempunyai susunan seperti di atas. Bisa juga, kalau mengambil contoh diatas, file BejoCool.deb mempunyai dependensi CoreBejo.deb DAN LibBejo.deb, jadi untuk menginstall CoreBejo.deb tidak perlu menginstall LibBejo.deb. Selain itu bisa juga file dependensi ternyata juga sudah ada/terinstall di sistem.

Nah bagi kalian yang pengin download program2 di Ubuntu, selain dari reprository resmi Ubuntu bisa juga dari server UGM, yaitu di:

http://repo.ugm.ac.id

dan softwarenya bisa langsung dicari dan didownload di:

http://repo.ugm.ac.id/apt-web

Kalian tinggal masukkan aja nama software yang ingin kalian download dan pilih versi ubuntunya. Nanti link semua file yang dibutuhkan akan muncul dan bisa langsung didownload. Oh iya, tempat nama software dimasukkan bukanlah fasilitas search, jadi harus memasukkan nama yang benar.

Kemudian yang terakhir adalah yang paling repot. Ini terjadi ketika kalian ingin menginstall software, tetapi softwarenya tidak dalam bentuk .deb, melainkan dalam bentul tar.gz. Nah disini kalian harus mengcompile sendiri programnya, baru kemudian menginstallnya. Bener2 repot dah.

TETAPI!!!! .... Jangan jadikan ini penghalang karena pada kenyataannya ada cara yang jauh lebih mudah untuk menggunakan software2 gratis di Ubuntu Linux. Cara gimana? Tunggu post selanjutnya ya :D

Tidak ada komentar: