Informasi Gratis

Senin, 16 Februari 2009

Cara Installasi Open Office 3 Di Ubuntu 8.10

Menginstall Open Office 3 di Ubuntu 8.10 sepertinya memang agak memusingkan, soalnya di reprository nya belum ada softwarenya. Tetapi jangan kuatir, bagi kalian yang ingin memakai Open Office 3 di Ubuntu 8.10 ada caranya kok. Berikut langkah-langkahnya:

1. Uninstall Open Office yang sudah ada (versi 2.4). Caranya adalah klik "System>Administration>Synaptic Package Manager". Kemudian di quick search ketikkan (Office), maka semua paket yang bernama office akan muncul. Kemudian pilih semua paket yang berhubungan dengan open ofice (ada prefix "Openoffice.org" di depan setiap paket, misalnya "Openoffice.org-calc") dan klik kanan lalu pilih removal (pilih complete removal bila ingin menghapusnya secara total untuk membebaskan ruang di harddisk). Kemudian klik Apply. Akan ada beberapa peringatan, klik Ok aja terus.

2. Download file installer Open Office 3 paket debian, bisa di www.openoffice.org atau di repo.ugm.ac.id (kemudian scroll ke bawah untukn link ke tempat download (sorry, ane lupa link persisnya, maklum, ane menulis ini offline). Nama filenya adalah:

OOo_3.0.0_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz

3. Download java-common dari repo.ugma.ad.id/apt-web (pilih ubuntu 8.10 di drop down menu, kemudian ketik java-common di bagian packages. Download aja filenya. filenya adalah:

java-common_0.30ubuntu3_all.deb

4. Install java-common dengan cara double klik pada file .deb nya

5. Ektrak file installer di folder home. Agar mudah nantinya, silahkan rename foldernya menjadi "OO3"

6. Jalankan Terminal (Applications>Accesories>Terminal)

7. Ketikkan perintah berikut (ingat, nama file dan foldernya case sensitive, selain itu ganti "username_kamu" dengan username kamu- duh!):

sudo dpkg --install --recursive /home/username_kamu/OO3/DEBS/*.deb

Tunggu sebentar maka Open Office 3 akan terinstall.

8. Coba cek di menu apaka open office 3 sudah ada atau belum, bila belum ada masuk ke folder /home/oo3/DEBS/desktop-integration dan jalankan file:

openoffice.org3.0-debian-menus_3.0-9354_all.deb

Gimana? Sudah bisa menginstall bukan??? Tetapi ya itu, bila kalian merasa cara ini sangat merepotkan dan kebetulan anda termasuk orang yang penyabar, maka silahkan saja tunggu sampai Ubuntu 9.04 keluar besok pada bulan April 2009. Selamat berubuntu ria ya. :D

Tidak ada komentar: